Danau Toba, Sumatera Utara, Amazing!!!

Danau Toba Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba merupakan danau Vulkanik atau Tektonik dengan panjang 100 km dan lebar 30 km dengan kedalaman 505 meter menjadikan danau Toba danau terbesar di Indonesia dan di Dunia.

Berikut info umum tentang danau toba dan keindahannya:

Letak : Provinsi Sumatra Utara, Indonesia
Tipe danau : Volkanik atau Tektonik
Panjang: 100 km
lebar: 30 Km
Dalam: 505 meter

Danau Toba merupakan danau terbesar di dunia dan yang terbesar di Indonesia, serta yang paling populer di masyarakat Sumatera dan Tentunya di Indonesia. Danau toba sendiri merupakan danau vulkanik yang terjadi saat ada ledakan gunung berapi pada 69.000 - 77.000 tahun lalu, diperkirakan juga sebagai salah satu ledakan gunung berapi terbesar di dunia. Setelah ledakan tersebut, terciptalah kaledra (cekungan pada tanah sesudah letusan vulkanik) yang kemudian terisi oleh air dan kita ketahui sebagai danau toba sekarang. Ditengah danau toba juga terdapat pulau kecil yang juga disebut pulau samosir.

Danau Toba memiliki keistimewaan tersendiri dan banyak yang membicarakan tentang danau yang luar biasa ini. Di tengah danau terdapat pulau Samosir. dengan pemandangan sekitar danau yang masih sangat alami dan indah, menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata dan penelitian. Banyak yang mempercayai mitos tentang danau Toba Ini, mitos yang menyatakan bahwa danau ini merupakan tempat tinggal tujuh dewi leluhur suku batak. Memang Mayoritas etnis penduduk di sekitar daerah danau toba adalah batak. Pada umumnya masyarakat disana bermatapencaharian sebagai petani, pedagang, dan nelayan.