Pantai Gondariah


Pantai GondariahPantai Gondariah adalah salah satu obyek wisata pantai di Sumatera Barat yang sangat ramai di kunjungi wisatawan. Letaknya sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Salah satu dari tiga pantai yang ramai dikunjungi masyarakat di Pariaman (Kota Pariaman, tentunya tak luput dari makanan khasnya, 'sala lauak'. Gorengan bulat sebesar bola pimpong yang berkomposisikan tepung, kunyit, cabe, ikan asin dan bawang-bawangan ini bisa pula kita temui disana. Banyak penjaja gorengan di pantai ini). Pantai yang terletak dijantung kota Pariaman ini bisa menjadi jawaban dari kebingungan teman-teman dalam menentukan tempat wisata mana lagi yang indah dan wajib dikunjungi. Di hari libur pantai ini dilewati oleh kereta api wisata yang datang setiap hari dari stasiun Simpang Haru Padang menuju stasiun Pariaman. Di pantai Gandoriah ini setiap tahun dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik di waktu matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram.

Akses Pantai Gondariah:
Dengan menggunakan transportasi kereta api, kamu tidak perlu menggunakan angkutan umum lainnya menuju pantai Gandoriah. Karena dari stasiun kereta api pun kita sudah bisa menikmati aroma pantai nan sepoi.

Keistimewaan Pantai Gondariah:
  • Pada hari libur atau ada acara tertentu, lebih banyak lagi permainan anak- anak yang hadir di pantai ini. Panggung yang berada di sebelah kiri pantai jika kita berdiri menghadap pantai, biasa digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti konser misalnya. Jika sudah masuk waktu sholat, bagi pegunjung muslim teman-teman semua tidak perlu lagi repot-repot mencari mushalla atau mesjid, karena tepat di sebelah kanan gerbang pantai Gandoriah dapat dijumpai mesjid Bahari.
  • Di Pantai Gandoriah ada bangunan seperti tower di bibir pantai bisa dimanfaatkan. Memang, pantai Gandoriah yang terkenal di kota Pariaman 60 km dari kota Padang ini telah memberikan jawaban betapa Pemko Pariaman telah berhasil menjadikan Pariaman sebagai Kota Pariwisata berkonsep islami.
  • Jika kita melihat dari tepi pantai, tampak pula deretan pulau-pulau kecil yaitu pulau Angsa Duo, Pulau Kasiak, dan Pulau Pandan. Kita juga merasa bertatapan langsung dengan Pulau Angso Duo, pulau inilah yang tampak jelas dari pantai Gandoriah.
  • Seperti kita ketahui bahwa kota Pariaman dijuluki kota tabuik. Pesta rakyat yang sudah menahun di kota Pariaman ini juga berhasil meramaikan pantai Gandoriah. Akan ada ribuan manusia yang akan mengunjungi pantai ini jika pesta itu berlangsung. Oh, Pantai Gandoriah dengan sejuta pesona alam dan sekitarnya.