Pulau Cubadak Sumatera Barat, Indonesia


Pulau CubadakPulau Cubadak Pulau yang masih sangat alami ini memang memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi para pecinta alam. Keindahan pemandangan yang menakjubkan dengan panorama laut dan pantai menjadikanya semakin istimewa. Cubadak terdiri dari hutan di mana berbagai jenis satwa hidup. Pulau ini hanya didiami beberapa keluarga nelayan dan dikelilingi batu karang. Pulau Cubadak terletak di kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat, tepatnya terletak di Teluk Mandeh, 40 kilometer di sebelah selatan Padang, dan 5 km dari pantai. Luasnya 40 km². Cubadak dapat dicapai dengan kapal dari desa Carocok.

Keistimewaan Pulau Cubadak:
  • Pulau yang masih memiliki hutan lebat dan sejumlah satwa liar ini merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil di kawasan lepas pantai Sumatera Barat. Bersama Mentawai, Pulau Cubadak ini sudah mulai digarap dan dipromosikan sebagai destinasi wisata dalam negeri yang apik dan indah.
  • Keunggulan Pulau Cubadak adalah eksotisme alamnya. Jika Mentawai adalah surga bagi para peselancar, maka Pulau Cubadak adalah surga bagi para penyelam karena kawasan laut di sekitar pulau ini memiliki terumbu-terumbu karang yang indah diselingi ribuan ikan hias cantik berwarna-warni.
  • Di pulau ini juga, teman-teman sekalian bisa menenangkan diri sekaligus memanjakannya dengan berjemur sembari menikmati segarnya buah kelapa muda. Kemudian, bisa juga menikmati keindahan pantai dengan menyusurinya dan sesekali memungut kerang yang terdampar di tepi pantai karena tersapu ombak.
  • Yang menarik dari Pulau Cubadak ini juga adalah wisatawan yang datang ternyata lebih banyak turis asing, terutama dari Jerman. Kabarnya, itu dikarenakan pernah ada salah satu stasiun TV Jerman yang membuat film dokumenter tentang Pulau Cubadak ini. 
  • Pulau Cubadak barangkali belum terlalu kita kenal sebagai salah satu objek wisata nasional yang menarik. Padahal, seperti yang sudah saya sampaikan tadi, pulau ini tak kalah indahnya dengan Bali atau Lombok. Paduan olahraga air dan keheningan alam sepertinya akan melahirkan kerinduan bagi mereka yang pernah berkunjung ke pulau ini.