Gunung Sinabung Sumatera Utara


Gunung SinabungGunung Sinabung Merupakan Gunung berapi aktif yang masih menunjukkan tanda-tanda vulkanik. Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Gunung Sinabung merupakan anak gunung Toba yang meletus dahsyat sejak 70.000 tahun silam. Anak gunung Toba tersebut akhirnya memiliki anak sampai saat ini diberi nama Gunung Sinabung. Gunung Sinabung sendiri terakhir meletus pada 7 september 2010. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung ini belum pernah tercatat meletus sejak tahun 1600. Koordinat puncak gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT.

Profile Gunung Sinabung:

Lokasi       : Sumatera (Indonesia), Koordinat 3°10′12″N 98°23′31″E 

Geologi    : Jenis Stratovolcano, Umur batuan Pleistosen, Busur/sabuk vulkanik Busur Sunda, Letusan terakhir 7 September 2010.

Kompas:
"Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara meletus Minggu (29/8/10) dini hari sekitar pukul 00.15 WIB. Kepala Desa Sukanalu, Kecamatan Naman, Paten Sitepu, yang dihubungi Antara, Minggu, mengatakan bahwa api mulai keluar dari permukaan gunung Sinabung sekitar pukul 00.15 WIB. Keseluruhan warga yang berada di sekitar kaki gunung Sinabung juga dilaporkan telah mengevakuasi diri ke arah kota Kabanjahe. Selain anggota keluarga, masyarakat juga dilaporkan berupaya membawa sebagian barang milik mereka untuk diamankan."