Sungai Musi, Palembang Menakjubkan!!

Sungai MusiSungai Musi. Sering kita mendengar sungai-sungai yang ada di Indonesia sudah tercemar dan tidak layak lagi untuk di gunakan sebagai tempat mandi bahkan untuk diminum. Di Provinsi Sumatera Selatan terdapat sungai yang besar dan panjang, Dengan panjang 750 km, Sungai Musi. Di Sungai Musi terdapat Jembatan yang menghubungkan antara Dua daerah yang dipisahkkan oleh sungai atau disebut jembatan ampera.

Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat. Di tepi Sungai Musi terdapat Pelabuhan Boom Baru dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Keistimewaann Sungai Musi:
Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.

Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :

Sungai Kelingi
Sungai Lematang
Sungai Semangus
Sungai Ogan
Sungai Komering
Sungai Rawas
Sungai Leko
Sungai Lakitan

Lahan seluas 3 juta ha di daerah aliran sungai (DAS) Musi dianggap kritis akibat maraknya penebangan liar. Kondisi ini dapat memicu banjir bandang dan tanah longsor. Oleh karena itu marilah kita bangga akan keindahan dan kebesaran ciptaan Tuhan dengan menjaga dan merawatnya. bukan egoisme nafsu yang menjadi tujuan utama, tetapi demi kelanjutan ekosistem dan warisan kepada generasi penerus kita nanti.

Terima kasih!!! Tolong beri komentar :)