ANGKRINGAN YOGYAKARTA

Tugu JogjaApabila anda pernah tinggal di kota yogya untuk belajar tentu tidak akan asing dengan angkringan. sebuah gerobak dengan tenda oranye atau biru yang memuat sebuah anglo besar( kompor arang)diatasnya terdapat tiga buah teko besar berisi air teh, air jahe dan air putih kemudian beberapa puluh asi bungkus berukuran kecil dan hanya pas untuk seekor kucing( nasi kucing), ditambah ada makanan kecil seperti tahu, tempe,pisang goreng, kerupuk, dan masih banyak lagi. Meskipun hanya menyajikan makanan dan minuman yang cukup sederhana tetap tempat  ini sampai saat ini masih  merupakan tempat yang cukup favorit untuk dikunjungi, tidak hanya pelajar atau mahasiswa saja, tetapi juga oleh masyarakat umum. Karena bukan hanya memperoleh makanan dan minuman murah, tetapi di tempat ini sosialisasi masyaraktnya berlangsung.


Angkringan
  • Angkringan Lik Man (Jl. Wongsodirjan( Pojok Utara Stasiun tugu))
Harga mulai 500 Rupiah
Angkringan Lik Man, satu dari ratusan angkringan yang ada di Yogyakarta dan hanya ada satu angkringan Lik Man yang terkenal. Tempatnya mudah dijangkau hanya 5menit dari hotel garuda dan 15 menit dari tugu Yogya dengan berjalan kaki. Angkringan yang buka dari jam 16:00-03:00 ini hampir setiap malam penuh dengan pengunjung. tidak hanya mahasiswa yang mengunjungi tempat ini, kalau anda beruntung bisa ketemu dengan para seniman yogya yang terkenal seprti Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Emha Ainun Najib dan masih banyak lagi.apabila anda ingin betul betul menikmati angkringan ini, cobalah memesan teh nasgitel atau kopi joss( kopi yang harus anda nikmati apabila mampir ketempat ini),dengan  1 atau 2 nasi kucing dan beberapa panganan kecil seperti tahu,tempe goreng, kemudian menikmati hidangan tersebut sambil bercengkrama dengan teman2 anda. pasti secara tidak sadar anda akan mengetahui nikmatnya makan dan nongkrong di tempat ini.

  • Angkringan Tiga Tjeret ( Jl. Kaliurang Km 10, Jl. Bima Rt. 12 Rw. 13, Gentan)
Harga mulai 500 Rupiah
Buka: 16:00-02:00
Ingin menikmati suasana beda dari angkringan lain,,,? Cobalah datang ke tempat ini. Menu yang dihidangkan tidak jau berbeda dengan angringan yang lainnya. Namun disini mempunyai fasilitas yang sangat berbeda, ada perpustakaan luar negeri. ada juga fasilitas Hot Spot bagi yang anda ingin browsing. Disini pun anda juga bisa bermain mini bilyard. 

Akses: Anda lewat jalan aliurang ke utara sampai km10. masuk jalan bima (sebelah kanan jalan ada tugu patung pejuang) kira-kira 50 meter sebelah kiri jalan.

  • Teh Poci Pakualaman ( Alun-alun Pura Pakualaman( jalan Sultan Agung)
Harga mulai 500 Rupiah
Buka: 17:00-00:00
Jangan membayangkan tempat ini berada di sebuah bangunan istana, aslinya tempat ini bernama lesehan ibu warsuki yang menyediakan nasi kucing beserta teman-temannya layaknya sebuah angkringan, karena lokasinya berada di alun2 pura Pakualaman, jadi banyak yang menyebut Teh Poci Pakualaman. Memang yang menjadi andalan adalah teh pocinya nasgitel panas, legi kentel, sangat cocok apabila diminum sambil ditemani jadah bakar ditambahsuasana yang jogja banget. jangan sampai terlewat apabila anda ke jogja.

Akses: Dari perempatan taman pintar, Jl. Sultan Agung, Sampai Istana Pura Pakualaman masuk ke alun2 sebelah timur . lesehan ini ada di bawah pohon beringin.

  • Angkringan Protelon (Jl. Anggajaya I No. 186 Condongcatur)
Harga mulai 500 Rupiah
Buka; 18:00-02:00
Sesuai dengan namanya tempat ini memang berada di pertigaan jalan Anggajaya. Angkringan modern berfasilitas Hot Spot super cepat. selain hidangan layaknya angkringan pada umumnya disini ada tambahan menu spesial berupa nasi goreng dan aneka juice.

Akses: Lokasinya arah utara terminal bus condong catur, tepat di pertigaan sebelah timur jalan.


Kopi jos jogja