Coban Rais

Coban raisCoban Rais terletak di dusun Dresel, desa Oro oro Ombo, Batu. Coban Rais memiliki tinggi 20 Meter dan terletak di ketinggian sekitar 1025 meter dari permukaan laut di lereng Gunung Panderman. Dulunya, coban Rais terkenal dengan nama Coban Sabrangan karena harus menyebrangi 14 sungai saat harus mencapai air terjun ini.

Perjalanan dimulai dari bawah, yaitu dari kota Malang, menuju ke arah Batu Malang. perjalanan menggunakan sepeda motor memakan waktu 2-2,5 jam (tergantung kemampuan). Sebenernya sih asik aja kan sama Amalia (sssstttt....). Jalan berliku dan tanjakan yang banyak dan sedikit berbahaya, sebaiknya agan2 semua hati-hati dalam berendara menuju ke wisata coban rais. pada bagian terakhir perjalanan, jalan sekitar 0,5 kilometer masih belum diaspal. tapi untuk motor masih bisa dipakai.
Setelah sampai obyek, heheeee, belum ding, maksudnya pintu loket, masuknya sih gratis, cuman bayar parkir doang dulu 1000perak, sekarang naik mungkin.

Disini asiiiknyaaaa... perjalanan kaki yang panjang menanti... dengan medan yang membuat ngeri,,,diibaratkan lintas bukit. Dimulai dari berjalan datar yang sedikit naik dan turun sampai naaik sekali dan turuuun sekali. melewati aliran sungai dari air terjun tersebut, membuat semakin penasaran dan semakin bersemangat.(Perjalanan menuju ke Coban Rais begitu asri dengan suasana khas pegunungan yang masih dingin dan sejuk. Suasannya sekitar air terjun masih sepi dan belum ada perumahan. Pada beberapa meter perjalanan, jalan yang di tempuh akan semakin menyempit dan menanjak, bahkan di beberap area berbatasan langsung dengan tebing yang curam.)

Coban rais
Coban rais
Amalia (Yoionk)


Untuk mereka yang suka tantangan diharapkan untuk tetap berhati-hati, setelah sampai ke puncak air terjun pengalaman berharga akan membayar semua peluh dalam perjalanan.




gambar Coban rais

 
Setelah capek, sebelum perjalanan pulang disana juga tersedia kamar mandi, mbayar cuma 1000-2000 perak gan. nah disinilah bener2 liburan yang murah banget gan....
bagian terakhir seperti biasa, hal yang perlu dibawa:
  1. duit (siapkan cadangan juga gan, kali2 mau beli cilok)
  2. pakaian ganti
  3. jas hujan (optional)
  4. bekal (penting gan: makan, air mineral), biasanya ada pedagang cilok sih.
  5. kamera
  6. dan yang lain, yang bisa buat agan2 nyaman. 
NB: kalo membawa bungkus apapun, dimohon gaaaannn(plastik dan sejenisnya),,, dibawa balik...biar tempat yang indah ini tetap terjaga n tetap menjadi nyaman untuk dikunjungi. terima kasih INDONESIA.